Inilah Penyebab Kulit Kusam, Kamu Harus Tahu Lho Beb!

1
118
penyebab kulit kusam
Share ya Beb!

Di Indonesia, kulit kusam yang terjadi pada kebanyakan orang diakibatkan oleh paparan matahari secara berlebihan. Kulit menjadi terbakar sehingga perubahan warna pun tidak dapat terelakkan. Selain alasan ini, terdapat beberapa penyebab kulit kusam lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Dehidrasi

Dehidrasi menurunkan volume aliran darah ke kulit sehingga membuat Anda terlihat pucat dan sakit-sakitan. Meskipun dehidrasi mungkin tampak seperti masalah jangka pendek yang diselesaikan dengan segelas air. Seorang dokter kulit di New York, menganjurkan Anda untuk memandang dehidrasi kulit sebagai masalah jangka panjang.

Gagal memberikan kulit Anda hidrasi yang dibutuhkan secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit seperti garis-garis halus, kulit kendur dan bahkan tekstur kulit seperti sisik dan kerutan dalam akibat dehidrasi kronis yang parah.

  1. Tidak melakukan eksfoliasi

Mungkin Anda sudah mencuci wajah setiap hari. Tapi ada langkah perawatan kulit penting yang banyak dilewatkan. Eksfoliasi merupakan proses menghilangkan sel-sel kulit mati yang kering sehingga dapat menciptakan kanvas baru yang memungkinkan produk topikal menembus lebih baik.

Seorang dokter kulit di New York mengatakan bahwa pengelupasan atau eksfoliasi adalah cara terbaik untuk menghaluskan permukaan kulit sehingga memantulkan cahaya dan tampak bercahaya atau cerah

  1. Tidak menggunakan moisturizer secara rutin

Kulit kering adalah penyebab paling umum dari kulit wajah kusam. Ini menciptakan retakan di permukaan kulit dan menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk, membuat kulit terlihat tidak rata dan tidak bercahaya.

  1. Kurang tidur

Apa pun yang membuat Anda terjaga di malam hari dapat menghalangi Anda dan kulit bercahaya. Ternyata, sewaktu kita tidur, sel-sel kulit sedang memperbaiki diri dan beregenerasi. Jika durasi tidur dipersingkat maka sel-sel kulit tidak dapat bekerja pada tingkat optimalnya.

  1. Efek lingkungan

Faktor lingkungan seperti polusi udara, kelembaban rendah, angin kencang dan paparan sinar UV dari matahari dapat membuat kulit kusam yang tidak terlindungi. Dalam sebuah penelitian, para peneliti melacak wanita yang tinggal di pedesaan dan lainnya di daerah perkotaan selama lebih dari 20 tahun dan menemukan bahwa penduduk kota memiliki lebih banyak garis dan bintik hitam secara signifikan.

  1. Menggunakan riasan efek matte berlebih

Ternyata penggunaan make up juga bisa menjadi alasan mengapa kulit bisa menjadi kusam. Hindari kosmetik mattifying seperti bedak berat atau berkapur karena ia dapat menyerap minyak alami dan cahaya kulit . Hindari pembersih make up yang mengandung alkohol, karena dapat mengurangi kelembaban kulit.

  1. Stress

Entah disebabkan oleh beban kerja dengan tenggat waktu yang mendesak, pertengkaran, perubahan besar dalam hidup atau hanya kesibukan sehari-hari bisa menjadi alasan mengapa kulit Anda menjadi kusam.

Selain itu perasaan cemas juga berperan dalam hilangnya kecemerlangan alami kulit Anda. Ternyata, stres menyebabkan hormon kortisol meningkat sehingga secara negatif dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit.

  1. Kebiasaan merokok

Merokok memiliki sifat seperti dua buah pedang. Ia dianggap mampu mengurangi rasa stress dan permasalahan lainnya tetapi merokok juga bisa mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh, termasuk efek sampingnya terhadap kulit.

Share ya Beb!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here