Kenapa Kita Harus Mengganti Pakaian Setiap Hari, Ini Alasannya!

0
85
kenapa harus ganti pakaian
Share ya Beb!

Semua orang pasti pernah mengalami momen saat ingin memakai baju yang sama dalam dua atau tiga hari berturut-turut. “Ah, aku baru pakai baju ini sekali, pakai lagi saja lah, belum kotor kok”. Setelah itu, mungkin kamu hanya menyemprotkan parfum dan memakainya lagi hari berikutnya.

Namun, tahukah kamu, sebenarnya kita tidak boleh memakai baju yang sama dalam dua hari berturut-turut?

Tidak peduli apakah baju kamu terlihat masih bersih, tidak berbau keringat, atau tidak bernoda, kamu tetap harus ganti pakaian setiap hari. Mengapa begitu?

Yuk, simak alasannya berikut ini:

  1. Kamu bisa mengalami jerawat di berbagai bagian tubuh

Meskipun kamu malas ganti baju atau kamu merasa baju yang dipakai kemarin masih bersih, tapi kamu tetap harus ganti baju. Karena, jika kamu masih memakai baju yang sama, kamu berisiko mengalami jerawat di berbagai bagian tubuh, seperti punggung, dada, leher, paha, pantat, dan lainnya. Untuk menghindari jerawat, kamu harus selalu ganti baju setiap hari.

Pakaian yang sudah dipakai telah terkena kotoran, keringat, dan bakteri. Jika kamu memakainya lagi, maka pori-pori kulitmu bisa tersumbat kotoran, keringat, dan bakteri. Inilah yang dapat memicu munculnya jerawat.

  1. Bau badanmu menjadi tidak sedap 

Malas mencuci dan berakhir dengan cucian menumpuk memang wajar. Tapi, itu bukan alasan untuk kamu memakai kembali pakaian yang sudah kotor. Usahakan untuk selalu ganti baju setiap hari dan jangan pakai pakaian yang sama dua hari berturut-turut.

Jika kamu masih memakai saja memakai pakaian kotor, bau tak sedap dari keringat yang masih menempel di baju akan menciptakan aroma tidak enak. Meskipun kamu sudah menyemprotkan parfum sekalipun, aroma tak sedap akan tetap tercium pada waktu tertentu. Kebiasaan memakai pakaian kotor juga bisa membuat aroma tubuhmu jadi tidak enak.

  1. Rawan serangan kuman dari orang lain 

Baju yang sudah kamu pakai, apalagi yang kamu gunakan di luar rumah bisa saja telah terkontaminasi kuman dari orang lain. Mungkin kamu duduk di restoran, tak sengaja menabrak dengan orang saat berjalan, atau tak sengaja menyentuh pintu toilet umum. Ada banyak hal yang memungkinkan bakteri dari orang lain menempel pada baju kamu.

Jika kamu masih memakai baju yang sama pada lain hari, kuman-kuman dari orang lain yang ada di baju kamu bisa terkontaminasi dengan bakteri yang ada di kulit kamu. Mungkin hal ini tidak bahaya bagi sebagian orang. Tetapi, peristiwa ini patut diwaspadai bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, karena bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

  1. Beberapa bagian tubuh bisa gatal dan mengalami ruam 

Pernahkah kamu mengalami gatal-gatal saat tidak mandi dalam waktu 24 jam? Mungkin kamu pernah mengalami ketidaknyamanan itu, ya. Nah, hal ini juga berlaku jika kamu memakai pakaian kotor.

Ruam gatal pada kulit bisa sering terjadi apabila kamu menggunakan baju yang sama selama dua hari penuh atau bahkan lebih. Karenanya, kamu harus rajin mengganti baju. Gantilah baju setiap hari, terlebih setelah kamu beraktivitas di luar rumah.

Itulah empat alasan mengapa kamu harus selalu ganti baju setiap hari.

Share ya Beb!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here