BerandaSEO13 Metrik SEO Perusahaan & Cara Membuat Laporan

13 Metrik SEO Perusahaan & Cara Membuat Laporan

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu komponen penting dalam strategi digital marketing suatu perusahaan. Dengan SEO yang baik, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas situs web mereka di hasil pencarian organik mesin pencari seperti Google. Agar SEO berjalan efektif, penting untuk memantau dan menganalisis berbagai metrik SEO perusahaan secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa metrik SEO perusahaan yang perlu diperhatikan:

13 Metrik SEO Perusahaan yang Menjadi Acuan Keberhasilan

Traffic Organik

Traffic organik merupakan jumlah pengunjung yang masuk ke situs web dari hasil pencarian organik mesin pencari. Ini adalah salah satu metrik SEO perusahaan yang utama harus diperhatikan. Semakin tinggi traffic organik yang dihasilkan, berarti SEO yang dilakukan semakin efektif.

Perusahaan dapat memonitor traffic organik harian, bulanan, atau tahunan untuk melihat tren dan perubahan. Data ini biasanya tersedia di Google Analytics. Total traffic organik juga dapat dibandingkan dengan jenis traffic lainnya seperti traffic sosial media, traffic langsung, dan traffic rujukan.

Peringkat Kata Kunci

Metrik SEO ini mengacu pada posisi situs web di hasil pencarian mesin untuk kata kunci target tertentu. Biasanya, semakin tinggi peringkat situs web, semakin banyak pengunjung yang didapat dari kata kunci tersebut.

Perusahaan perlu memantau peringkat kata kunci utama mereka secara rutin untuk melihat perkembangan. Apabila peringkat menurun drastis, ini menandakan ada masalah dengan SEO yang perlu segera ditangani. Metrik SEO ini dapat dipantau menggunakan alat seperti SEMrush, Ahrefs, atau Google Search Console.

Tingkat Klik Organik

Tingkat klik organik (organic click-through rate/CTR) menunjukkan persentase pengunjung yang mengklik situs web perusahaan di antara seluruh impresi hasil pencarian. Semakin tinggi CTR, semakin baik SEO situs tersebut.

CTR yang rendah bisa disebabkan oleh optimisasi on-page yang buruk, konten yang tidak menarik, atau masalah teknis lainnya. Perusahaan harus berupaya meningkatkan CTR dengan memperbaiki faktor-faktor tersebut. Data CTR bisa didapat di Search Console dan alat SEO lainnya.

Bounce Rate

Waktu rata-rata pengunjung di situs web dan rasio pentalan (bounce rate) mengindikasikan tingkat keterlibatan pengunjung. Semakin lama waktu di situs, semakin baik. Tingkat pentalan yang tinggi menandakan banyak pengunjung yang langsung meninggalkan situs.

BACA JUGA  Cara Optimasi Kecepatan Loading Page Website

Dengan Metrik SEO ini perusahaan dapat berupaya memperbaiki faktor-faktor seperti kecepatan loading, konten yang tidak relevan, navigasi buruk, dll yang menyebabkan waktu di situs rendah dan rebound rate tinggi. Data ini tersedia di Google Analytics.

Rasio Klik-ke-Impresi

Rasio klik-ke-impresi (click-to-impression ratio) mengukur perbandingan jumlah klik hasil pencarian dengan impresi/munculnya situs web di SERP. Semakin tinggi rasio ini, semakin baik SEO situs tersebut.

Rasio rendah menandakan banyak pengunjung melihat situs web di hasil pencarian namun tidak mengkliknya. Perusahaan harus memperbaiki judul halaman, meta deskripsi, dan faktor SEO lainnya untuk meningkatkan minat klik pengunjung. Data ini tersedia di Search Console.

Posisi Halaman di SERP

Perusahaan perlu memantau seberapa banyak halaman situs web mereka yang muncul di halaman hasil pencarian, khususnya di posisi atas. Posisi halaman yang lebih tinggi di SERP biasanya mendapat lebih banyak klik dan traffic.

serp checker
Serp Checker Gratis whatsmyserp.com

Screenshot diatas menggunakan tools gratis untuk melihat posisi halaman kita di SERP dengan kata kunci “software house di lampung”.  Pembaruan.id salah satu klien kami mendapatkan peringkat kedua setelah linkedin page, hal ini menunjukkan keberhasilan Local SEO dalam persaingan kata kunci tersebut. Metrik SEO ini sangat penting untuk menentukan apakah optimasi halaman tersebut sudah baik atau masih perlu ditingkatkan.

Jika hanya sedikit halaman yang muncul di SERP atau kebanyakan berada di posisi bawah, ini menunjukkan masih banyak kesempatan untuk mengoptimasi konten dan mendapatkan posisi lebih baik. Whatmyserp.com dapat digunakan gratis untuk melacak posisi halaman di SERP.

Conversion Rate

Conversion Rate mengukur persentase pengunjung yang melakukan konversi yang diinginkan seperti pembelian produk atau pengisian formular setelah klik dari hasil pencarian organik. Conversion rate yang tinggi menunjukkan SEO berdampak positif terhadap bisnis.

Jika metrik SEO ini rendah, perusahaan perlu menganalisis dan memperbaiki pengalaman pengguna di situs web untuk meningkatkan konversi. Conversion rate dapat dimonitor di Google Analytics.

Relevansi Kata Kunci

Kesesuaian kata kunci (keyword relevancy) penting untuk memastikan konten di situs web sesuai dengan kata kunci target. Kata kunci yang digunakan di halaman web harus sejalan dengan topik dan tujuan konten tersebut.

Perusahaan dapat menggunakan alat SEO untuk memeriksa kesesuaian kata kunci di seluruh situs web. Jika banyak kata kunci yang tidak relevan digunakan, ini dapat berdampak negatif terhadap SEO.

Link Building

Link building merujuk pada upaya mendapatkan link berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web dari sumber eksternal. Link dari situs berotoritas tinggi sangat penting untuk SEO.

link building

Perusahaan harus memantau jumlah backlink baru yang didapat setiap bulan, anchor text backlink, dan profil situs pemberi backlink. Alat SEO seperti Ahrefs dan SEMrush berguna untuk melacak data link building.

Pantau SEO Kompetitor

Memantau SEO pesaing juga penting untuk mengevaluasi posisi perusahaan dibanding kompetitor. Perusahaan dapat melihat traffic, kata kunci ranking, dan metrik SEO lainnya dari situs pesaing.

BACA JUGA  Mau Menentukan Fokus SEO untuk 2024? Ikuti Langkah ini untuk Laporan GA4!

Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan SEO perusahaan dan peluang perbaikan. Alat seperti SEMrush dan SpyFu memudahkan monitoring SEO kompetitor.

Mobile SEO

Mengoptimasi pengalaman mobile adalah kunci SEO saat ini ketika banyak penelusuran dilakukan dari perangkat mobile. Perusahaan harus memastikan situs web responsif, cepat dimuat, dan mudah digunakan di mobile.

Metrik SEO seperti mobile CTR, kecepatan loading halaman di mobile, dan mobile usability perlu dipantau dan dioptimasi. Alat seperti Google Search Console dan PageSpeed Insights sangat bermanfaat untuk menganalisis mobile SEO.

Local SEO

Bagi perusahaan dengan lokasi fisik, lokal SEO penting untuk mendapatkan pelanggan di kota atau wilayah tertentu. Perusahaan harus memastikan data lokasi akurat di Google My Business, mengoptimasi untuk kata kunci lokal, dan mendapatkan ulasan positif.

google my business haibeb

Metrik local SEO seperti peringkat lokal, traffic lokal dan ulasan Google perlu dimonitor. Alat seperti Moz Local dan SEMrush dapat digunakan untuk melacak kinerja lokal SEO.

SEO Teknis

Faktor-faktor teknis seperti kecepatan loading, optimasi gambar, robot.txt, sitemap, kode meta halaman juga mempengaruhi SEO. Perusahaan harus memantau aspek teknis ini secara rutin dan memperbaiki masalah yang ada.

Alat seperti Google PageSpeed Insights, Pingdom Website Speed Test, dan alat crawler SEO berguna untuk audit teknis SEO secara menyeluruh.

Cara Membuat Laporan SEO Perusahaan

Setelah memonitor berbagai metrik SEO di atas, perusahaan perlu membuat laporan rutin untuk mengevaluasi hasil dan merencanakan strategi SEO selanjutnya. Berikut tips membuat laporan SEO efektif:

Tentukan Tujuan Laporan

Sebelum membuat laporan SEO, tentukan terlebih dahulu tujuan dan target audiens laporan tersebut. Apakah laporan ditujukan untuk manager internal? Investor? Klien? Atau untuk keperluan internal tim SEO? Tujuan ini akan memengaruhi data dan insight apa yang perlu dimasukkan dalam laporan.

Pilih Metrik Utama

Pilihlah 5-10 metrik SEO utama yang akan jadi fokus laporan, misalnya traffic organik, kata kunci ranking, CTR, dan lainnya. Jangan terlalu banyak memasukkan data agar laporan tetap fokus dan mudah dibaca.

Bandingkan Hasil Sebelum & Sesudah

Laporan yang baik perlu membandingkan hasil metrik SEO dalam periode tertentu terhadap baseline sebelumnya untuk menunjukkan perkembangan. Misal bandingkan traffic bulan ini terhadap bulan lalu.

Sertakan Screenshot

Sertakan tangkapan layar (screenshot) dari sumber data seperti Google Analytics dan Search Console di laporan untuk memberikan bukti visual. Ini juga memudahkan pembaca memahami laporan.

Berikan Insight & Rekomendasi

Jangan hanya menyajikan angka mentah, tetapi berikan analisis dan wawasan dari hasil metrik SEO. Lalu berikan rekomendasi strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SEO ke depannya berdasarkan insight tersebut.

Gunakan Visualisasi Data

Visualisasi data seperti grafik dan chart sangat membantu pembaca memahami tren dan data kunci dalam sekejap. Hindari laporan yang hanya berisi paragraf teks panjang.

BACA JUGA  Pembaruan Algoritma Google Big Daddy 2005 : Infrastruktur & SERP

Pilih Format Mudah Dibaca

Formatkan laporan SEO dengan baik agar mudah dibaca. Gunakan header/subheader, poin-poin, font yang jelas, spasi yang cukup, dan lainnya. Versi slide presentasi juga bagus untuk laporan eksekutif.

Kontrol Ukuran Laporan

Untuk laporan regular, usahakan tetap ringkas dan fokus dengan maksimal 5-10 halaman. Laporan yang terlalu panjang dan bertele-tele malah akan membuat pembaca kehilangan fokus.

Menerapkan metrik SEO dan laporan yang terstruktur sangat penting bagi kesuksesan pemasaran digital perusahaan. Analisis data yang akurat dan tepat waktu memungkinkan perusahaan membuat keputusan bisnis dan strategi SEO yang lebih baik.

Tantangan dalam Analisis Data SEO

Meskipun penting, menganalisis data SEO untuk keperluan laporan tidaklah mudah. Ada beberapa tantangan yang sering dihadapi, di antaranya:

Data Tersebar di Banyak Sumber

Data SEO biasanya tersebar di berbagai alat dan platform seperti Google Analytics, Search Console, SEMrush, Moz, dan lain-lain. Mengumpulkan dan menggabungkan data dari semua sumber ini bisa memakan waktu. Diperlukan proses ETL (Extract, Transform, Load) yang terorganisir.

Banyaknya Data yang Dikumpulkan

SEO modern menghasilkan data dalam jumlah besar setiap harinya. Sulit memilah informasi berharga di tengah lautan data ini. Dibutuhkan kemampuan analitik tingkat lanjut untuk menemukan insight.

Memahami Konteks Setiap Angka

Angka mentah tidak bermakna tanpa konteks. Misalnya, mengetahui CTR situs 2% tidak berguna tanpa pembanding industri. Dibutuhkan pemahaman mendalam konteks di balik setiap metrik.

Mendefinisikan Indikator Keberhasilan

Menentukan ambang batas baik/buruk untuk setiap metrik SEO tidak mudah karena bergantung pada situasi masing-masing perusahaan. Dibutuhkan pengalaman dan eksperimentasi agar pengukuran akurat dan adil.

Mengaitkan SEO dengan Bisnis

Tantangan terbesar adalah mengkaitkan SEO dengan metrik bisnis seperti lead dan penjualan. Ini penting agar tim SEO bisa menunjukkan dampaknya. Namun, agak sulit dilacak secara langsung.

Tips Menganalisis Data SEO

Beberapa tips yang bisa dilakukan tim SEO dalam menganalisis data untuk laporan adalah:

  • Gunakan tools SEO terintegrasi untuk menyatukan data dari berbagai sumber
  • Lakukan segmentasi dan filter data berdasarkan kategori dan periode waktu
  • Bandingkan angka dengan baseline bulan/tahun sebelumnya untuk lihat tren
  • Jangan terpaku hanya pada angka, pelajari cerita di balik angka
  • Tetapkan KPI realistis dengan mempertimbangkan faktor eksternal
  • Kolaborasi dengan tim bisnis untuk pelacakan goal penting seperti lead dan penjualan
  • Lakukan survei dan wawancara klien untuk memahami perilaku pengguna
  • Uji coba perubahan dan eksperimen untuk menemukan taktik SEO yang optimal

Dengan analisis data yang cermat dan kontinu, performa SEO suatu perusahaan bisa dimaksimalkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Namun pastikan juga untuk menyeimbangkan data dengan ide kreatif dan strategi baru.

Kesimpulan

Search Engine Optimization (SEO) memainkan peran vital dalam strategi pemasaran digital suatu perusahaan. Untuk memastikan SEO berjalan optimal, perusahaan perlu secara rutin memantau dan menganalisis berbagai metrik SEO. Metrik-metrik utama yang perlu diperhatikan antara lain traffic organik, peringkat kata kunci, CTR, waktu di situs, rasio klik-ke-impresi, dan banyak lagi.

Data SEO yang telah dikumpulkan perlu dianalisis lebih lanjut dan disajikan dalam laporan SEO berkala agar dapat dievaluasi dan ditindaklanjuti. Laporan yang efektif sebaiknya berfokus pada metrik utama, membandingkan hasil terhadap periode sebelumnya, menyertakan visualisasi data, serta memberikan insight dan rekomendasi perbaikan.

Meskipun analisis data SEO bukan pekerjaan mudah, beberapa tips seperti mengintegrasikan alat SEO, membandingkan tren, dan berkolaborasi dengan tim bisnis dapat membantu meningkatkan kualitas laporan. Dengan laporan SEO yang akurat dan strategi yang tepat, performa bisnis dan pemasaran digital perusahaan dapat dioptimalkan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments