BerandaDigital MarketingCara Menjadi Digital Marketing

Cara Menjadi Digital Marketing

Dalam era digital saat ini, digital marketing merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan. Banyak perusahaan membutuhkan tenaga digital marketing untuk memasarkan produk dan jasa mereka secara online. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang digital marketer, berikut ini adalah langkah-langkah dan tips untuk memulai karir di bidang ini.

Apa itu Digital Marketing?

apa itu digital marketing

Sebelum memulai karir sebagai digital marketer, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing. Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital seperti internet, media sosial, email, dan platform digital lainnya. Tujuan utama digital marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, trafik website, konversi penjualan secara online, serta engagement dengan konsumen.

6 Jenis Bidang Utama Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google sehingga bisa muncul di halaman hasil pencarian. Menulis konten yang sesuai kata kunci, backlink building, dan optimasi teknis adalah beberapa teknik utama dalam SEO. Pelajarilah dasar-dasar SEO untuk memulai karir Digital Marketing Anda.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan iklan berbayar di mesin pencari seperti Google Ads. Bertujuan untuk mendapatkan trafik instan ke situs web dari target audiens yang relevan.

3. Social Media Marketing

Memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll untuk memasarkan produk dan brand. Bisa dilakukan dengan iklan berbayar maupun konten organik.

BACA JUGA  Apa itu Brand Awareness? Bagaimana Cara Membangunnya? Simak Artikel ini!

4. Content Marketing

Pembuatan konten seperti artikel blog, infografis, video, dll yang bertujuan untuk mengedukasi dan mempengaruhi calon konsumen. Konten ini dapat didistribusikan lewat website, media sosial, dll.

5. Email Marketing

Pengiriman email secara berkala ke daftar kontak untuk promosi produk, mengedukasi, atau mengumpulkan lead. Newsletter, promo khusus, dan lainnya adalah contoh konten email marketing.

6. Marketing Analytics

Analisis data digital marketing seperti trafik website, tingkat konversi, ROI kampanye, dll untuk keperluan evaluasi dan pengambilan keputusan. Biasanya menggunakan perangkat seperti Google Analytics.

Memahami berbagai jenis bidang digital marketing di atas akan sangat membantu Anda dalam memulai karir di bidang ini. Anda bisa memilih fokus pada satu atau beberapa aspek digital marketing sesuai minat dan keahlian Anda.

Rencanakan Tujuan Karir Anda

Setelah memahami apa itu digital marketing, langkah selanjutnya adalah merencanakan tujuan karir Anda di bidang ini. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan:

Bidang Spesialisasi

Anda perlu memilih apakah ingin fokus pada satu bidang tertentu (SEO, SEM, social media, dll) atau menjadi generalis. Spesialis biasanya mendalami satu skill lebih dalam sedangkan generalis memiliki pengetahuan luas di berbagai aspek digital marketing.

Level Karir

Apakah Anda ingin menjadi praktisi digital marketing, mengelola tim, atau pimpinan? Menentukan level karir yang ingin Anda capai akan mempengaruhi strategi Anda dalam berkarir.

Industri dan Branded Market

Digital marketing dibutuhkan di berbagai industri seperti e-commerce, travel, keuangan, dll. Anda perlu memikirkan ingin fokus di industri atau branded market mana. Hal ini akan mempengaruhi spesialisasi dan pengalaman yang perlu Anda dapatkan.

Lingkungan dan Budaya Organisasi

Anda juga perlu mempertimbangkan ingin bekerja di perusahaan besar atau startup, perusahaan lokal atau multinasional, dan sebagainya. Setiap opsi memiliki lingkungan dan budaya kerja yang berbeda.

BACA JUGA  Apa itu SERM (Search Engine Reputation Management): Pengertian, Manfaat, dan Penerapan

Dengan merencanakan tujuan karir secara matang, Anda dapat menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Rencana ini dapat disesuaikan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman Anda.

Kuasai Skill Digital Marketing

Kunci utama untuk menjadi digital marketer adalah menguasai berbagai skill yang dibutuhkan. Beberapa skill penting yang perlu Anda pelajari dan kuasai antara lain:

Komunikasi

Komunikasi efektif sangat penting dalam digital marketing. Anda perlu bisa menyampaikan ide dan strategi dengan jelas, baik secara lisan maupun tulisan. Presentasi yang baik juga diperlukan saat memaparkan hasil kampanye ke klien/atasan.

Konten

Anda perlu bisa membuat berbagai jenis konten digital seperti artikel, caption media sosial, email marketing, dll dengan baik. Pemahaman SEO juga penting agar konten bisa optimal untuk promosi. Copywriting skill sangat bermanfaat di sini.

Desain Grafis

Memiliki sense of design dan kemampuan desain grafis dasar sangat membantu. Anda bisa membuat visual menarik untuk konten sosial media, iklan, banner, dll. Menguasai software desain seperti Canva juga penting.

Analisis Data

Analisis data adalah kunci untuk mengevaluasi strategi digital marketing dan mengambil keputusan. Pelajari skill analisis data seperti Google Analytics, Excel, SQL dan beberapa tool analitik lainnya.

Project Management

Seorang digital marketer juga perlu bisa mengelola proyek dan kampanye secara efektif, bekerja sama dengan tim, hingga mencapai hasil yang diharapkan dalam kurun waktu tertentu.

Digital Marketing Tools

Kuasai juga penggunaan berbagai software dan tools digital marketing seperti Google Ads, Meta Ads, MailChimp, Canva, dll. Tools ini sangat membantu produktivitas dan efektivitas kerja sehari-hari.

Pastikan Anda terus mengasah dan mempelajari skill-skill di atas baik melalui pendidikan formal maupun otodidak. Skill inilah yang akan membuat Anda menjadi digital marketer yang kompeten dan sukses.

Dapatkan Pelatihan atau Sertifikasi

Selain belajar secara otodidak, mengikuti pelatihan atau program sertifikasi juga sangat disarankan untuk mempercepat karir digital marketing Anda. Beberapa opsi pelatihan dan sertifikasi yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

BACA JUGA  Strategi Terbaik dalam Membuat Framework Kualifikasi Leads (Prospek) yang Efisien

Kelas Online

Banyak platform kelas online seperti Udemy, Coursera, dll yang menyediakan kursus digital marketing. Anda bisa memilih kelas sesuai topik yang ingin Anda pelajari lebih dalam, seperti kelas SEO atau Social Media Marketing.

Program Sertifikasi

Program sertifikasi seperti Google Analytics Certification, Facebook Blueprint, atau HubSpot Academy menawarkan sertifikasi yang diakui industri. Sertifikasi ini dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang digital marketer dan membuka pintu untuk peluang karir yang lebih baik.

Kursus Komunitas Lokal

Beberapa komunitas lokal atau lembaga pendidikan mungkin menawarkan kursus digital marketing yang lebih terarah dan berorientasi pada praktik. Ini dapat menjadi pilihan yang bagus jika Anda lebih suka belajar secara tatap muka dan berkolaborasi dengan sesama peserta.

Mengikuti pelatihan atau program sertifikasi ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam digital marketing, tetapi juga memberikan Anda keunggulan kompetitif di pasar kerja yang kompetitif ini.

Mulai Membangun Portofolio

Portofolio adalah salah satu aspek yang paling penting dalam mencari pekerjaan atau klien di bidang digital marketing. Ini adalah cara untuk menunjukkan kepada potensi majikan atau klien bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan dalam industri ini. Beberapa tips untuk membangun portofolio digital marketing yang kuat adalah:

Proyek Mandiri

Mulailah dengan membuat proyek mandiri seperti membuat blog pribadi, mengelola akun media sosial untuk bisnis fiktif, atau mengoptimalkan situs web Anda sendiri. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengimplementasikan strategi dan teknik yang telah Anda pelajari.

Magang atau Proyek Freelance

Mencari magang atau proyek freelance dalam digital marketing dapat memberi Anda pengalaman praktis yang berharga. Bekerja di bawah bimbingan profesional atau mengelola kampanye nyata untuk klien akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan menambah entri dalam portofolio Anda.

Pamerkan Hasil

Jangan ragu untuk memamerkan hasil dari proyek-proyek Anda dalam portofolio Anda. Sertakan data dan metrik yang menunjukkan dampak positif dari strategi yang Anda terapkan, seperti peningkatan trafik website, pertumbuhan jumlah pengikut di media sosial, atau peningkatan konversi penjualan.

Perbarui portofolio Anda secara berkala dengan proyek-proyek terbaru dan hasil yang Anda capai. Ini akan memastikan bahwa portofolio Anda selalu mencerminkan kemampuan dan pengalaman terbaru Anda dalam digital marketing.

Dengan membangun portofolio yang kuat dan beragam, Anda akan menjadi kandidat yang lebih menarik bagi perusahaan atau klien potensial dalam industri digital marketing.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments