BerandaDigital MarketingCara Terbaik Riset Kata Kunci untuk Ecommerce

Cara Terbaik Riset Kata Kunci untuk Ecommerce

Haibeb! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara terbaik untuk melakukan riset kata kunci dalam konteks ecommerce. Jika Anda memiliki toko online atau bisnis ecommerce, riset kata kunci adalah langkah penting dalam strategi SEO Anda.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat pencarian toko online Anda, sehingga menarik lebih banyak pengunjung dan potensial pelanggan. Mari kita bahas lebih lanjut!

Prinsip Dasar Riset Kata Kunci Ecommerce

Sebelum kita masuk ke dalam detail tentang cara melakukan riset kata kunci untuk ecommerce, ada beberapa prinsip dasar yang perlu Anda pahami.

Volume Pencarian

Anda perlu memperhatikan volume pencarian dari kata kunci yang Anda pertimbangkan. Anda ingin menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi, karena ini menunjukkan bahwa banyak orang mencari dengan menggunakan kata kunci tersebut.

Namun, jangan hanya fokus pada kata kunci dengan volume pencarian tertinggi, karena itu juga berarti persaingan yang lebih tinggi. Anda perlu menemukan keseimbangan antara volume pencarian dan tingkat persaingan.

Kesulitan Kata Kunci (Persaingan)

Selain volume pencarian, Anda juga perlu memperhatikan tingkat persaingan atau kesulitan kata kunci. Ini mengacu pada seberapa sulitnya untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian menggunakan kata kunci tersebut.

BACA JUGA  Cara Menjadi Digital Marketing

Anda harus mencoba untuk menemukan kata kunci dengan tingkat persaingan yang moderat, sehingga Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk bersaing dengan pesaing Anda.

Pencarian Relevan

Penting untuk memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kata kunci harus mencerminkan apa yang dicari oleh target pasar Anda. Jika kata kunci yang Anda gunakan tidak relevan, kemungkinan besar Anda tidak akan menarik pengunjung yang berkualitas ke situs Anda.

Bagaimana Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk Ecommerce

Sekarang, mari kita lihat beberapa langkah praktis untuk melakukan riset kata kunci yang efektif untuk ecommerce.

Lacak Posisi Peringkat Pencarian Produk Anda Saat ini

Langkah pertama adalah melacak posisi peringkat pencarian produk Anda saat ini. Anda dapat menggunakan alat analisis SEO seperti Google Search Console atau alat pihak ketiga seperti SEMrush untuk melihat kata kunci apa yang saat ini mengarahkan pengunjung ke situs Anda. Ini memberi Anda wawasan tentang kata kunci yang sudah berkinerja baik dan mungkin perlu dioptimalkan lebih lanjut.

Pertimbangkan Fitur Pencarian “Niat”

Ketika melakukan riset kata kunci, penting untuk mempertimbangkan “niat” di balik pencarian. Ini berarti Anda perlu memahami niat pengguna saat mereka melakukan pencarian. Berikut adalah beberapa jenis niat yang umum dalam pencarian:

Niat Informasi

Pengguna mencari informasi atau pengetahuan tentang suatu topik tertentu. Contoh niat informasi dalam pencarian adalah “cara membersihkan sepatu putih” atau “tips memilih skincare untuk kulit berminyak”. Jika Anda menjual produk atau layanan yang relevan dengan niat informasi ini, Anda dapat menggunakan kata kunci terkait untuk meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian. Misalnya, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “cara membersihkan sepatu putih” atau “produk skincare untuk kulit berminyak”.

BACA JUGA  8 Metode Pemasaran Digital agar Bisnis Makin Berkembang

Niat Komersial

Pengguna memiliki niat untuk membandingkan produk atau mencari ulasan sebelum melakukan pembelian. Contoh kata kunci dengan niat komersial adalah “perbandingan harga laptop” atau “ulasan kamera DSLR”. Jika Anda menjual produk tersebut, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “laptop dengan harga terbaik” atau “kamera DSLR terbaik” untuk menarik pengguna yang sedang mencari informasi sebelum membeli.

Niat Transaksi

Pengguna memiliki niat langsung untuk melakukan pembelian. Contoh kata kunci dengan niat transaksi adalah “beli sepatu sneakers online” atau “diskon pakaian musim panas”. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk Anda, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “beli sepatu sneakers” atau “diskon pakaian musim panas” untuk menarik pengguna yang siap melakukan pembelian.

Niat Navigasi

Pengguna mencari halaman atau situs web spesifik. Contoh kata kunci dengan niat navigasi adalah “Facebook login” atau “WhatsApp web”. Jika Anda memiliki situs web atau halaman yang ingin Anda promosikan, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “login Facebook” atau “WhatsApp web” untuk memudahkan pengguna menemukan halaman atau situs web Anda.

Lihat Target Kata Kunci

Setelah Anda memahami berbagai jenis niat pencarian, langkah selanjutnya adalah melihat target kata kunci. Gunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ahrefs untuk mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Periksa volume pencarian, tingkat persaingan, dan relevansi kata kunci tersebut dengan bisnis Anda.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Return on Investment (ROI) dengan Retargeting Audiens
alat riset keyword
Google Keyword Planner Tools

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pencarian kata kunci terkait di Google mengenai produk Anda. Hal ini banyak di lakukan oleh spesialis SEO untuk mencari kata kunci yang banyak digunakan.

pencarian terkait
Pencarian Terkait

Perhatikan Strategi Pesaing

Salah satu cara efektif untuk melakukan riset kata kunci adalah dengan melihat strategi pesaing. Identifikasi pesaing utama Anda dalam industri dan lihat kata kunci apa yang mereka targetkan.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan alat analisis pesaing seperti SEMrush atau SpyFu untuk mendapatkan wawasan tentang kata kunci yang mereka gunakan dan posisi peringkat mereka. Gunakan informasi ini sebagai inspirasi untuk kata kunci yang mungkin Anda tambahkan ke strategi SEO Anda.

Dengan mengikuti prinsip dasar dan langkah-langkah ini, Anda dapat melakukan riset kata kunci yang efektif untuk ecommerce. Ingatlah bahwa riset kata kunci adalah proses berkelanjutan, dan Anda perlu mengikuti tren dan perubahan dalam perilaku pengguna serta persaingan di pasar. Selalu evaluasi dan sesuaikan strategi Anda untuk mencapai hasil yang optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan strategi SEO dan visibilitas toko online atau bisnis ecommerce Anda.

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments