BerandaSosial Media25 Cara Menambah Follower Instagram Bisnis 2023

25 Cara Menambah Follower Instagram Bisnis 2023

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram menyediakan platform yang luas bagi bisnis untuk membangun kehadiran mereka secara online. Dalam membangun kehadiran suatu bisnis di sosial media adalah dengan cara menambah jumlah follower Instagram.

25 Cara Menambah Follower Instagram Sesuai Aturan Kebijakan

Seorang yang berprofesi sebagai digital marketing memiliki peran penting dalam mengelola sosial media suatu bisnis. Salah satu peran utamanya adalah membuat strategi sosial media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Strategi sosial media harus didasarkan pada tujuan bisnis dan target audiens yang ingin dicapai. Berikut 25 cara menambah follower Instagram dengan kaidah seorang digital marketer.

1. Gunakan kalender konten media sosial untuk merencanakan postingan Instagram

Merencanakan konten Anda di Instagram dapat membantu Anda untuk tetap konsisten dalam postingan Anda dan memastikan Anda tetap teratur dalam postingan Anda. Gunakan kalender konten media sosial untuk merencanakan postingan Instagram Anda dan pastikan Anda memposting konten yang relevan dan menarik secara teratur. Anda dapat menggunakan tools seperti Hubspot untuk membuat konten kalender yang terarah.

2. Gunakan alat manajemen media sosial untuk menjadwalkan postingan Anda

Menjadwalkan postingan Instagram Anda dapat membantu Anda untuk menjangkau audiens Anda di seluruh dunia, terlepas dari zona waktu mereka. Gunakan alat manajemen media sosial seperti Hubspot untuk menjadwalkan postingan Anda dan pastikan Anda memposting pada waktu yang tepat untuk audiens Anda.

BACA JUGA  10 Tips Cara Mengatasi Instagram Error dengan Langkah Sederhana

3. Jadikan akun Anda menjadi profil bisnis

Jadikan akun Instagram Anda menjadi profil bisnis untuk mengakses fitur bisnis Instagram seperti analitik dan tautan promosi. Dengan profil bisnis, Anda dapat memahami audiens Anda dengan lebih baik dan memastikan konten Anda relevan dengan pengikut Anda.

[elementor-template id=”2154″]

 

4. Sesuaikan profil Instagram Anda untuk Bisnis

Pastikan profil Instagram Anda mencerminkan merek bisnis Anda. Sesuaikan gambar profil dan keterangan profil Anda untuk menarik audiens yang tepat. Anda juga dapat menambahkan tautan ke situs web Anda atau informasi kontak bisnis Anda untuk membuat profil Anda lebih informatif.

5. Tunjuk pembuat konten berpengalaman

Tunjuk pembuat konten berpengalaman untuk membantu Anda membuat postingan Instagram yang menarik. Seorang pembuat konten berpengalaman dapat membantu Anda membuat konten yang menarik dan relevan untuk audiens Anda.

6. Ikuti praktik terbaik dalam fotografi dan pengeditan foto

Pastikan foto-foto Anda di Instagram terlihat profesional dengan mengikuti praktik terbaik dalam fotografi dan pengeditan foto. Anda dapat menggunakan aplikasi edit foto seperti VSCO atau Adobe Lightroom untuk membuat foto Anda terlihat lebih baik.

7. Membuat postingan yang konsisten

Pastikan Anda memposting konten secara konsisten untuk membangun basis pengikut yang kuat. Anda dapat memposting beberapa kali seminggu atau bahkan setiap hari untuk memastikan Anda tetap terhubung dengan audiens Anda.

8. Izinkan kontributor luar untuk mengatur konten Anda

Izinkan kontributor luar untuk mengatur konten Instagram Anda jika Anda memiliki tim pemasaran atau tim kreatif yang dapat membantu Anda membuat postingan yang menarik dan relevan.

9. Gunakan brand voice yang konsisten dan sesuai dengan bisnis Anda

Brand voice adalah bagaimana bisnis Anda berbicara dengan audiensnya. Ini mencakup nada, gaya, dan kata-kata yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dan nilai bisnis Anda. Saat Anda menggunakan brand voice yang konsisten di seluruh platform media sosial Anda, ini membantu membangun kesadaran merek dan membuat audiens Anda lebih memahami siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.

10. Tulis keterangan yang menarik dan mudah dibagikan

Caption atau keterangan pada setiap postingan Instagram bisnis Anda adalah cara untuk berkomunikasi dengan audiens Anda dan menjelaskan pesan yang ingin disampaikan. Keterangan yang menarik dapat menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan postingan Anda, termasuk memberikan like, komen, atau share. Pastikan untuk menulis keterangan yang informatif, berbicara langsung kepada audiens, dan menunjukkan nilai tambah dari produk atau layanan yang ditawarkan.

[elementor-template id=”2154″]

 

Selain itu, pastikan keterangan yang ditulis mudah dibaca dan dipahami. Gunakan kalimat pendek dan jelas, serta hindari penggunaan kata-kata yang sulit dipahami atau tidak familiar bagi audiens Anda. Jangan lupa untuk menyertakan call-to-action (CTA) yang jelas di setiap keterangan, seperti “Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut” atau “Swipe up untuk melakukan pemesanan”.

BACA JUGA  Dasar-Dasar SEO: Kata Kunci, Optimasi Konten dan Backlink

11. Optimalkan postingan dengan hashtag yang relevan

Hashtag adalah cara yang baik untuk menambah jangkauan postingan Instagram bisnis Anda. Saat seseorang mencari postingan yang berkaitan dengan topik tertentu, hashtag dapat membantu postingan Anda muncul di hasil pencarian. Penting untuk menggunakan hashtag yang relevan dan populer agar postingan Anda mudah ditemukan oleh audiens yang tepat. Ada banyak alat pencarian hashtag yang tersedia, seperti Ritetag, Hashtagify, dan lainnya yang dapat membantu Anda menemukan hashtag yang tepat untuk postingan Anda.

12. Manfaatkan format konten yang sedang tren saat ini

Instagram selalu menghadirkan berbagai macam format konten baru untuk memenuhi kebutuhan dan minat pengguna. Beberapa format konten yang sedang tren saat ini di Instagram antara lain: Reels, IGTV, dan Instagram Live. Memanfaatkan format konten ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan audiens Anda dan menarik pengguna baru untuk mengikuti akun Instagram bisnis Anda.

13. Postinglah konten yang diinginkan pengikut Anda

Saat mengelola akun Instagram bisnis, pastikan untuk mengenal dengan baik audiens Anda dan jenis konten yang ingin mereka lihat. Mengirimkan konten yang diinginkan pengikut Anda dapat membantu meningkatkan keterlibatan mereka dengan akun Instagram bisnis Anda dan memperluas jangkauan postingan Anda. Untuk mengetahui jenis konten yang diinginkan pengikut Anda, Anda dapat melakukan riset tentang preferensi audiens Anda, melalui poll atau survey di Instagram Stories, atau melalui pengalaman dari konten yang telah diposting sebelumnya.

14. Promosikan Instagram Anda

Jangan ragu untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda di berbagai saluran media sosial dan website Anda. Promosi ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut dan keterlibatan audiens Anda di Instagram. Anda dapat memasukkan tautan Instagram di situs web, email newsletter, atau di saluran media sosial lainnya.

[elementor-template id=”1867″]

 

15. Berinteraksi dengan pengguna melalui follow, like, dan komentar

Berinteraksi dengan pengguna lain di Instagram adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah follower Anda. Anda dapat mulai dengan mengikuti akun-akun yang relevan dengan bisnis Anda dan meninggalkan like dan komentar di postingan mereka. Pastikan untuk menunjukkan ketertarikan yang jujur dan terlibat dalam percakapan secara positif. Dengan demikian, Anda akan menarik perhatian mereka dan kemungkinan besar mereka akan mengikuti akun Anda kembali.

16. Adakan kontes Instagram untuk mendorong keterlibatan audiens

Mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram tidak selalu tentang memposting foto-foto menarik. Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengikut dengan mengadakan kontes Instagram. Misalnya, Anda dapat meminta pengguna untuk mengikuti akun Anda dan menandai teman-teman mereka di komentar untuk kesempatan memenangkan hadiah menarik. Pastikan untuk mempromosikan kontes Anda di berbagai platform media sosial dan dengan demikian, Anda akan menarik lebih banyak pengikut baru.

17. Jelajahi fitur interaktif Instagram Stories

Stories Instagram memberikan berbagai macam fitur interaktif, seperti tanya-jawab, poling, dan kuis. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan pengikut Anda dan mendorong keterlibatan. Pastikan untuk memposting Stories secara teratur dan gunakan fitur-fitur interaktif ini sebanyak mungkin untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

BACA JUGA  Apa itu Brand Awareness? Bagaimana Cara Membangunnya? Simak Artikel ini!

18. Cara menambah follower Instagram dengan fitur Live

Instagram Live memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pengikut Anda secara real-time dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi langsung dengan Anda. Anda dapat menggunakannya untuk memperkenalkan produk baru, memberikan pengumuman penting, atau bahkan mengadakan sesi tanya-jawab. Pastikan untuk mempromosikan waktu dan tanggal siaran langsung Anda dan berikan pengikut Anda alasan untuk menonton.

19. Bagikan tautan profil Anda di situs web dan saluran media sosial

Pastikan untuk membagikan tautan profil Instagram bisnis Anda di situs web dan saluran media sosial Anda. Ini akan membantu pengguna menemukan akun Anda dengan mudah dan dengan demikian meningkatkan jumlah pengikut Anda. Jangan lupa untuk mempromosikan akun Instagram Anda di seluruh saluran media sosial Anda.

20. Diversifikasi audiens Anda untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis pengguna

Jangan hanya fokus pada satu jenis pengguna. Diversifikasi audiens Anda untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis pengguna. Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan, Anda dapat menargetkan wanita di berbagai rentang usia. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menargetkan pengguna yang tertarik pada topik terkait dengan bisnis Anda.

[elementor-template id=”2154″]

 

21. Ajukan permohonan untuk mendapatkan tanda verifikasi

Tanda verifikasi di Instagram adalah tanda centang biru kecil di sebelah nama akun yang menandakan bahwa akun tersebut telah diverifikasi dan memiliki keaslian serta kredibilitas. Memiliki tanda verifikasi dapat memberikan kepercayaan kepada pengikut dan pelanggan Anda bahwa akun Instagram Anda sah dan resmi. Jadi, jika bisnis Anda memiliki kebutuhan untuk memastikan keaslian akun Instagram, ajukan permohonan untuk mendapatkan tanda verifikasi dari Instagram.

22. Buat filter dan tanda pengenal milik Anda sendiri

Membuat filter dan tanda pengenal kustom di Instagram dapat menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan merek Anda kepada pengikut dan calon pelanggan Anda. Filter dan tanda pengenal kustom dapat membantu memperkuat identitas merek Anda dan membuat konten Anda lebih mudah dikenali. Anda dapat menggunakan alat seperti Spark AR Studio untuk membuat filter dan tanda pengenal kustom Anda sendiri.

23. Tag pengguna yang relevan

Menggunakan tag pengguna yang relevan pada postingan Instagram Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens baru. Pastikan untuk mengidentifikasi pengguna Instagram yang relevan dengan bisnis Anda, seperti pengguna dengan minat atau lokasi yang sesuai, atau bahkan merek atau influencer yang relevan dengan pasar Anda. Namun, jangan menggunakan tag pengguna yang tidak relevan atau terlalu banyak, karena hal itu dapat dianggap spam dan merusak reputasi Anda.

24. Bergabung dengan halaman Jelajahi Instagram

Halaman Jelajahi Instagram adalah tempat di mana pengguna dapat menemukan konten baru yang menarik dan relevan untuk diikuti. Bergabung dengan halaman Jelajahi Instagram dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens baru. Untuk bergabung, pastikan untuk memposting konten yang menarik dan relevan secara konsisten, dan gunakan hashtag yang sesuai untuk meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di halaman Jelajahi.

25. Bagikan konten edukatif dengan slide Instagram

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk cara menambah follower di Instagram adalah dengan menyuguhkan posting konten edukatif di Instagram. Konten edukati seperti tips dan tutorial yang berguna bagi pengikut Anda, dapat membantu membangun kepercayaan dan keterlibatan dengan audiens. Slide Instagram dapat menjadi alat yang berguna untuk mengemas konten edukatif yang menarik dan mudah dicerna. Pastikan untuk memposting konten yang konsisten dan relevan dengan bisnis Anda, dan manfaatkan alat seperti Instagram Analytics untuk mengukur keterlibatan dan kinerja postingan Anda.

[elementor-template id=”2154″]

 

Dalam melakukan pengemasan konten edukatif dengan slide Instagram, pastikan agar Anda memilih topik yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda. Anda juga harus memilih foto yang menarik dan memiliki pesan yang jelas untuk dipasangkan dengan slide Anda. Anda dapat menggunakan alat pengeditan foto seperti Canva untuk membuat slide yang lebih menarik dan profesional.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments