BerandaBisnisTugas & Cara Menjadi Project Manager di Sebuah Perusahaan

Tugas & Cara Menjadi Project Manager di Sebuah Perusahaan

Haibeb, apakah Anda tertarik menjadi seorang Project Manager (PM)? Seorang PM adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola, merencanakan, dan mengawasi proyek yang sedang berjalan di sebuah perusahaan. Tugas seorang PM sangat vital dalam menjamin keberhasilan suatu proyek. Jika Anda ingin menjadi seorang PM, berikut ini adalah beberapa informasi yang akan membantu Anda.

Apa Tugas Seorang Project Manager di Perusahaan?

Tugas seorang Project Manager sangatlah beragam. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur sumber daya manusia, anggaran, dan waktu agar suatu proyek dapat berjalan dengan efektif. Seorang PM harus mampu memimpin tim dan mengkoordinasikan semua anggota tim, termasuk juga menjaga hubungan baik dengan klien dan pihak eksternal lainnya. Selain itu, seorang PM juga harus memantau kemajuan proyek, membuat laporan status, dan memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Keterampilan interpersonal, kepemimpinan, dan manajemen waktu sangat penting bagi seorang PM dalam menjalankan tugasnya.

[elementor-template id=”2154″]

Cara Menjadi Project Manager

Mengambil Sertifikasi Resmi dari Lembaga yang di Akui Dunia Seperti Coursera

Jika Anda ingin menjadi seorang Project Manager, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Anda dapat mengambil kursus manajemen proyek yang diselenggarakan oleh universitas atau lembaga yang terkenal, seperti Coursera. Selain kursus online, Anda juga bisa mengikuti seminar atau workshop yang membahas topik-topik terkait manajemen proyek.

BACA JUGA  5 Alasan Mengapa Setiap Bisnis Harus Memiliki Website

[elementor-template id=”1867″]

 

Kenapa Menjadi Seorang Project Manager Bersertifikat Resmi?

Dalam dunia kerja, sertifikasi profesional sangat penting. Sertifikasi menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai seorang Project Manager, Anda dapat mengambil sertifikasi sebagai berikut :

Sertifikasi Umum Level Pemula hingga Menengah

Bagi kamu yang baru memulai karir dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang manajemen proyek atau ingin naik ke level berikutnya dalam karir mereka, beberapa sertifikasi berikut dapat menjadi titik awal yang baik.

[elementor-template id=”2154″]

1. Certified project manager (CPM-IAPM)

Sertifikasi ini ditawarkan oleh IAPM dan tidak memerlukan pengalaman profesional sebelumnya. Untuk memperoleh sertifikasi online ini, kamu harus lulus ujian daring dari rumah. Selain itu, sertifikasi ini diakui secara internasional dan tidak memerlukan sertifikasi ulang. Dengan memperoleh sertifikasi ini, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang manajemen proyek dan meningkatkan peluang karir mereka di masa depan.

2. Associate in project management (APM)

Sertifikasi ini ditawarkan oleh GAQM dan juga diakui secara internasional. Sertifikasi ini cocok untuk haibeb yang baru memulai karir di bidang manajemen proyek. Meskipun tidak ada prasyarat, kamu didorong untuk menyelesaikan kursus daring sebagai persiapan untuk ujian. Setelah memperoleh sertifikasi ini, kamu dapat menambahkan kredibilitas sebagai seorang profesional di bidang manajemen proyek.

BACA JUGA  6 Fungsi Logo Bagi Perusahaan Dalam Membangun Citra Positif

3. Certified associate in project management (CAPM)

Sertifikasi ini adalah salah satu dari sertifikasi umum yang ditawarkan oleh PMI, dan ditujukan untuk para profesional pemula dan tingkat associate. Prasyarat untuk sertifikasi ini termasuk gelar sekunder (dapat termasuk ijazah sekolah menengah) dan telah menyelesaikan 23 jam pendidikan manajemen proyek sebelum ujian daring. Dengan memperoleh sertifikasi ini, kamu dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang manajemen proyek dan memperluas kesempatan karir di masa depan.

Sertifikasi umum level senior/advanced

Jika Anda telah bekerja dalam manajemen proyek selama beberapa waktu dan ingin naik ke level yang lebih senior dalam karir Anda, pertimbangkan sertifikasi project manager berikut:

1. Program manager professional (PgMB)

Sertifikasi PMI ini adalah untuk profesional tingkat senior yang sudah bekerja sebagai manajer program. Prasyarat pengalaman untuk sertifikasi ini mencakup 48 bulan pengalaman manajemen proyek atau PMP, dan 84 bulan pengalaman profesional dalam 15 tahun terakhir. Persyaratan pendidikan mencakup gelar sekunder atau empat tahun.

2. Professional in project management (PPM)

GAQM menawarkan sertifikasi ini yang ditujukan untuk para profesional yang memiliki pengalaman manajemen proyek. Anda harus mengambil kursus daring sebelum mengambil ujian. Tidak ada prasyarat lain.

[elementor-template id=”2154″]

3. Master project manager (MPM)

Ditawarkan oleh American Academy of Project Management (AAPM), sertifikasi yang diakui secara global ini cocok untuk manajer proyek dengan pengalaman yang ingin maju ke posisi senior. Anda membutuhkan setidaknya tiga tahun pengalaman manajemen proyek dan gelar atau pelatihan yang disetujui oleh AAPM untuk mendaftar sertifikasi.

BACA JUGA  5 Tren Bisnis Digital yang Akan Membentuk Masa Depan

[elementor-template id=”1509″]

 

4. Certified project director (CPD)

CPD adalah sertifikasi tingkat lanjut yang ditawarkan oleh GAQM. Ini adalah sertifikasi yang diakui secara global yang dirancang untuk eksekutif manajemen proyek senior dan berpengalaman yang ingin belajar keterampilan baru dan teknik manajemen yang lebih maju. Persyaratan mencakup kursus daring prasyarat, gelar sarjana atau pascasarjana, dan salah satu sertifikasi berikut: PPM, PMP, Prince2® Practitioner, atau CPM.

Apakah Sertifikasi Project Manager Pilihan Tepat Untuk Saya?

Sebelum memutuskan untuk mengambil sertifikasi PM, Anda perlu mempertimbangkan apakah sertifikasi tersebut cocok untuk tujuan karir Anda. Apakah Anda ingin fokus pada manajemen proyek atau apakah Anda juga ingin mempelajari keterampilan teknis tertentu? Jika Anda belum yakin, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang jenis sertifikasi yang tersedia dan memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Penutup

Itulah tugas dan cara menjadi seorang project manager di sebuah perusahaan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjadi seorang project manager memerlukan banyak keterampilan dan kemampuan untuk mengatur proyek secara efektif. Namun, dengan memperoleh sertifikasi dan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dan menjadi seorang project manager yang sukses.

Ingatlah bahwa menjadi project manager bukanlah pekerjaan yang mudah dan memerlukan kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Namun, jika Anda memiliki minat yang besar pada bidang ini dan siap untuk belajar dan berkembang, maka menjadi project manager dapat menjadi pilihan karir yang tepat bagi Anda. Jangan ragu untuk mencari sertifikasi resmi dan pelatihan tambahan untuk membantu Anda mencapai tujuan karir Anda sebagai seorang project manager yang sukses.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments