BerandaTeknologiGoogle Merilis Peringatan untuk Penipuan Siber yang Menargetkan Pengguna Gmail

Google Merilis Peringatan untuk Penipuan Siber yang Menargetkan Pengguna Gmail

Penipuan siber menjadi ancaman yang semakin serius di era digital saat ini. Para pelaku kejahatan siber terus berupaya mengembangkan modus-modus baru untuk mencuri data pribadi dan mengambil keuntungan dari para korban.

Baru-baru ini, Google merilis peringatan di blog resmi mereka tentang penipuan terbaru yang digunakan oleh para hacker untuk menipu pengguna. Salah satu penipuan paling umum adalah melalui email palsu dengan subjek “Program Hadiah Online” atau “Penghargaan Program Online”.

Email ini dirancang untuk menipu pengguna agar berpikir bahwa mereka telah memenangkan hadiah. Isi pesan tersebut mengklaim bahwa Google telah melakukan 18,25 miliar pencarian dan bahwa pengguna adalah salah satu pemenang beruntung untuk pencarian ke-10 juta mereka. Email tersebut menyertakan tautan yang seharusnya tidak diklik, karena tujuan sebenarnya dari penipu adalah mengakses data pribadi pengguna.

[elementor-template id=”1867″]

 

Jika tautan tersebut diklik, penjahat siber dapat segera mengakses dan mencuri data pribadi pengguna, termasuk identitas dan uang mereka. Google menyarankan pengguna untuk berhati-hati terhadap penipuan semacam itu dan tidak mengklik tautan yang mencurigakan.

Tiga Tips dari Google untuk Menghindari Penipuan Online

Google merekomendasikan agar pengguna mempertimbangkan tiga hal berikut ini untuk menghindari menjadi korban penipuan online:

  1. Bersikap hati-hati dan memperhatikan pesan yang mencurigakan. Penipuan sering dirancang untuk menciptakan rasa mendesak, jadi jangan terkecoh untuk bertindak dengan cepat.
  2. Melakukan riset sebelum mengambil tindakan. Saat menerima pesan mencurigakan, luangkan waktu untuk melakukan riset dan mempertimbangkan kembali apakah penawaran tersebut masuk akal.
  3. Jangan mengikuti instruksi apa pun, terutama jika berkaitan dengan memberikan informasi pribadi. Tidak ada perusahaan yang terpercaya akan meminta informasi pribadi atau pembayaran secara tiba-tiba.
BACA JUGA  Iphone 15 Ultra Akan Menggunakan Sensor Kamera Super Canggih

[elementor-template id=”1509″]

 

Demikianlah peringatan dari Google untuk para pengguna Gmail terkait modus penipuan terbaru yang kerap dilancarkan oleh para hacker. Sebagai pengguna, kita perlu selalu waspada dan bijak dalam menghadapi segala jenis penipuan online yang mungkin kita temui. Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi atau mengklik tautan yang mencurigakan di dalam email. Dengan demikian, kita dapat melindungi diri sendiri dari ancaman penipuan siber dan menjaga keamanan data pribadi kita.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments