BerandaTeknologiHindari 5 Hal Ini Agar Baterai Smartphone Tidak Mudah Rusak

Hindari 5 Hal Ini Agar Baterai Smartphone Tidak Mudah Rusak

Smartphone atau ponsel pintar adalah salah satu teknologi gadget yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa baterai yang cukup, ponsel pintar tidak akan bisa digunakan untuk menelepon, mengirim pesan, browsing, bermain game, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, menjaga baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga baterai smartphone agar tidak mudah rusak.

Jangan Terlalu Lama Ngecas

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu lama mengecas baterai smartphone. Terlalu lama mengecas baterai smartphone bisa membuat baterai cepat rusak dan tidak tahan lama. Oleh karena itu, disarankan untuk menghentikan pengisian baterai ketika baterai sudah penuh atau telah mencapai persentase yang sudah ditentukan. Selain itu, sebaiknya gunakan charger yang sesuai dengan kebutuhan smartphone, misalnya charger dengan daya output yang sesuai dengan spesifikasi baterai smartphone.

Menggunakan Smartphone Saat Sedang di Cas

Menggunakan smartphone saat sedang di cas juga bisa membuat baterai smartphone cepat rusak. Ketika smartphone digunakan saat sedang di cas, panas yang dihasilkan oleh smartphone dan charger bisa membuat baterai cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan smartphone saat sedang di cas. Jika ingin menggunakannya, lepaskan charger terlebih dahulu.

BACA JUGA  Tren, Tantangan, dan Peluang AI dalam Industri Smartphone

Jangan Biarkan Baterai Benar-benar Kosong

Kebanyakan orang berpikir bahwa baterai smartphone harus dihabiskan sampai benar-benar kosong sebelum diisi ulang. Namun, ini adalah kebiasaan yang buruk dan bisa merusak baterai. Menggunakan baterai smartphone hingga benar-benar kosong bisa membuat baterai cepat rusak dan tidak tahan lama. Sebaiknya, isi ulang baterai smartphone ketika persentasenya mencapai sekitar 20-30%.

tips awet baterai smartphone
Gambar oleh Thomas Kolnowski

Menggunakan Charger Murah (Tidak Original)

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah menggunakan charger murah atau tidak original. Charger yang tidak original atau murah bisa membuat baterai smartphone cepat rusak dan bahkan bisa membahayakan keselamatan pengguna. Oleh karena itu, sebaiknya selalu gunakan charger yang original dan disertakan dalam paket pembelian smartphone.

[elementor-template id=”1867″]

 

Menggunakan Casing Saat di Cas

Menggunakan casing saat di cas juga bisa membuat baterai smartphone cepat rusak. Casing bisa memblokir ventilasi pada smartphone dan membuat panas tidak bisa keluar dengan baik. Akibatnya, suhu smartphone dan baterai bisa naik dan membuat baterai cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan casing saat di cas.

Penutup

Baterai smartphone adalah bagian yang sangat penting dari smartphone. Untuk menjaga baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama, sebaiknya hindari beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, seperti terlalu lama mengecas, menggunakan smartphone saat sedang di cas, biarkan baterai benar-benar kosong, menggunakan charger murah atau tidak original, dan menggunakan casing saat di cas. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga bisa membantu menjaga baterai smartphone agar tetap awet, seperti menurunkan kecerahan layar saat tidak digunakan, mengaktifkan mode hemat daya, dan menonaktifkan fitur yang tidak digunakan.

BACA JUGA  Harga & Fitur Heart Rate Monitor Smartwatch Terbaik di Tahun 2023

Tips baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama adalah penting agar penggunaan smartphone menjadi lebih nyaman dan efisien. Selain itu, dengan menjaga baterai smartphone dengan baik, pengguna bisa menghemat biaya penggantian baterai dan memperpanjang masa pakai smartphone. Sebagai pengguna smartphone, kita perlu lebih bertanggung jawab dan berhati-hati dalam menggunakan dan merawat baterai smartphone agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan lebih efisien.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments