BerandaDigital Marketing6 Sertifikat Gratis Kursus Online Belajar Digital Marketing 2023

6 Sertifikat Gratis Kursus Online Belajar Digital Marketing 2023

Haibeb! Selamat datang kembali di blog kami yang membahas topik menarik seputar digital marketing. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, sertifikat digital marketing sangatlah penting baik bagi individu maupun perusahaan.

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa belajar digital marketing itu begitu penting? Nah, dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa digital marketing itu penting dan bagaimana kita dapat memanfaatkan kursus online gratis dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan kita. Jadi, mari kita mulai!

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan digital marketing. Digital marketing adalah praktik pemasaran yang menggunakan media digital untuk mempromosikan produk atau layanan.

Hal ini melibatkan berbagai strategi seperti SEO (Search Engine Optimization), SMM (Social Media Marketing), pemasaran konten, dan masih banyak lagi. Di era digital ini, di mana hampir semua orang terhubung secara online, digital marketing menjadi kunci kesuksesan bagi bisnis dalam mencapai audiens yang lebih luas dan membangun hubungan dengan mereka.

Alasan Pentingnya Digital Marketing dalam Era Bisnis Saat Ini

Tentu saja, ada beberapa alasan mengapa digital marketing sangat penting dalam era bisnis saat ini. Pertama, masyarakat dunia semakin terhubung melalui internet. Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 4,9 miliar orang menggunakan internet secara aktif.

Dengan begitu banyak orang yang terhubung secara online, digital marketing memberikan peluang besar bagi bisnis dalam mencapai target audiens mereka dengan cara yang efektif.

Selain itu, digital marketing juga menawarkan berbagai keuntungan yang tidak dimiliki oleh metode pemasaran tradisional. Dalam digital marketing, kita dapat menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan banyak lagi.

BACA JUGA  Cara Terbaik Riset Kata Kunci untuk Ecommerce

Hal ini memungkinkan kita untuk menciptakan pesan yang relevan dan personal bagi audiens kita, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang konversi dan kepuasan pelanggan.

6 Tempat Kursus Gratis Belajar Digital Marketing

Sekarang, mari kita bahas tentang tempat-tempat di mana kita dapat mengikuti kursus online gratis dan mendapatkan sertifikasi dalam bidang digital marketing. Berikut adalah enam tempat terbaik yang menawarkan kursus-kursus tersebut:

1. Sertifikasi Gratis Digital Marketing Skillshop

sertifikat digital marketing google
sertifikat digital marketing google

Skillshop adalah platform pelatihan online yang disediakan oleh Google. Mereka menawarkan berbagai kursus digital marketing, seperti Google Ads, Google Analytics, dan lain-lain. Setelah menyelesaikan kursus dan ujian, kita dapat memperoleh sertifikasi online yang diakui oleh industri. Jadi, kunjungi Skillshop with Google dan mulai belajar digital marketing bersama Google!

2. Advertising Learning Lab Microsoft

sertifikat learning lab microsoft
sertifikat learning lab microsoft

Learning Lab Microsoft adalah platform pembelajaran online yang dikelola oleh Microsoft. Mereka menyediakan berbagai kursus digital marketing, termasuk pemrograman, analisis data, dan keterampilan teknis lainnya. Setelah menyelesaikan kursus, kita dapat memperoleh sertifikat dari Microsoft. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan digital marketing Anda!

3. Sertifikat Gratis Linkedin Learning

LinkedIn Learning
LinkedIn Learning

Linkedin Learning adalah platform pembelajaran online yang menawarkan ribuan kursus dalam berbagai topik, termasuk digital marketing. Kita dapat mengakses kursus-kursus tersebut dengan berlangganan premium LinkedIn atau menggunakan versi percobaan gratis selama satu bulan. Jadi, bergabunglah dengan Linkedin dan mulailah belajar digital marketing!

4. Hubspot Academy

Hubspot adalah perusahaan perangkat lunak pemasaran yang menyediakan platform pelatihan online gratis. Mereka memiliki kursus-kursus yang mencakup berbagai aspek digital marketing, seperti inbound marketing, SEO, pemasaran media sosial, dan banyak lagi. Setelah menyelesaikan kursus, kita dapat memperoleh sertifikat gratis dari Hubspot. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan dan sertifikat secara gratis!

5. Tiktok Shop Academy

Tiktok Business Learning Center adalah platform pembelajaran online yang ditujukan untuk pemilik bisnis dan pemasar. Mereka menawarkan kursus-kursus tentang pemasaran di TikTok, strategi konten, dan analisis data. Kita dapat mengikuti kursus-kursus tersebut secara gratis dan memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Jadi, jika Anda tertarik memanfaatkan potensi pemasaran TikTok, jangan lewatkan kesempatan ini!

BACA JUGA  Cara Memanfaatkan Pinterest untuk Ecommerce

6. Ahrefs Academy

Screenshot 2023 07 15 214240

Ahrefs adalah perusahaan yang menyediakan alat-alat SEO dan pemasaran online. Mereka memiliki Academy yang menawarkan beberapa kursus gratis tentang SEO, analisis kata kunci, dan strategi pemasaran konten. Kita dapat memperoleh sertifikat Ahrefs setelah menyelesaikan kursus. Jadi, manfaatkan Academy Ahrefs untuk meningkatkan keterampilan digital marketing Anda!

Cara Memanfaatkan Sertifikat Gratis Digital Marketing Untuk Mencari Pekerjaan

Setelah kita berhasil mendapatkan sertifikat dari kursus online digital marketing, kita dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan prospek pekerjaan kita. Sertifikat tersebut dapat menjadi bukti yang kuat bahwa kita memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang digital marketing, yang sangat dicari oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan sertifikat digital marketing kita:

Cantumkan Sertifikat Digital Marketing di CV/ Resume

Sertifikat digital marketing yang kita peroleh dapat kita cantumkan pada resume kita. Untuk tujuan ini, Anda akan menunjukkan kepada perekrut bahwa kita memiliki pemahaman yang kuat tentang strategi dan praktik digital marketing.

Profil LinkedIn

Perbarui profil LinkedIn kita dan tambahkan sertifikat digital marketing yang kita dapatkan ke bagian “Pendidikan” atau “Keterampilan”. Hal ini akan membantu menarik perhatian perekrut dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap kemampuan kita.

Portofolio online

Buatlah portofolio online yang mencantumkan proyek-proyek digital marketing yang telah kita kerjakan atau hasilkan selama belajar. Sertifikat dapat menjadi bukti konkret tentang keahlian kita dan dapat menambah nilai pada portofolio kita.

Jaringan dan kesempatan

Manfaatkan jaringan yang telah kita bangun, seperti LinkedIn atau grup industri, untuk berbagi sertifikat dan kesempatan kerja. Setelah itu berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengetahuan kita akan meningkatkan profil kita di mata rekan kerja dan perekrut potensial.

Terus belajar dan berlatih

Perlu diingat bahwa sertifikat hanyalah awal dari perjalanan kita dalam digital marketing. Teruslah belajar dan berlatih dengan mengikuti kursus lanjutan, membaca buku, mengikuti webinar, atau bahkan mencoba menerapkan pengetahuan kita dalam proyek nyata. Semakin kita mengembangkan keterampilan dan pengalaman kita, semakin berharga sertifikat kita dalam mencari pekerjaan.

BACA JUGA  Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Peluang Kerja Digital Marketing

Digital marketing merupakan bidang pekerjaan yang terus berkembang dan menawarkan berbagai peluang karir yang menarik. Dalam hal ini, hampir setiap perusahaan membutuhkan profesional digital marketing untuk membantu mereka membangun merek, meningkatkan visibilitas online, dan mencapai audiens yang lebih luas. Beberapa peluang karir dalam digital marketing termasuk:

  1. Spesialis SEO (Search Engine Optimization): Bertanggung jawab untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik dan meningkatkan jumlah lalu lintas organik.
  2. Manajer Media Sosial: Mengelola dan mempromosikan merek atau produk melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.
  3. Ahli Pemasaran Konten: Menyusun strategi konten yang menarik dan mengoptimalkan konten untuk meningkatkan kesadaran merek dan melibatkan audiens.
  4. Spesialis PPC (Pay-Per-Click): Mengelola kampanye periklanan online melalui platform seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya.
  5. Analis Web: Menganalisis data dan mengoptimalkan kinerja situs web dengan menggunakan alat analisis web seperti Google Analytics.
  6. Email Marketer: Bertanggung jawab untuk merancang, mengirim, dan menganalisis kampanye email pemasaran.

 

Tips Sukses Menjadi Digital Marketer

Bagi mereka yang tertarik untuk mengejar karir dalam digital marketing, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kita sukses dalam bidang ini:

  1. Teruslah belajar: Industri digital marketing terus berkembang dan berubah. Selalu cari tahu tren terbaru, algoritma terbaru, dan praktik terbaik dalam digital marketing. Teruslah belajar dan selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru.
  2. Praktik langsung: Terapkan pengetahuan dan keterampilan kita dalam proyek nyata. Coba buat blog, kelola kampanye iklan, atau bangun merek pribadi kita sendiri. Praktik langsung akan membantu kita memahami konsep dan mengasah keterampilan kita.
  3. Bangun jaringan: Jalin hubungan dengan profesional lain dalam industri ini. Bergabunglah dengan grup LinkedIn atau komunitas digital marketing untuk berbagi pengetahuan, ide, dan peluang kerja.
  4. Analisis dan optimasi: Selalu lakukan analisis dan evaluasi terhadap kampanye dan strategi digital marketing kita. Identifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, lalu lakukan perubahan dan optimasi sesuai kebutuhan.
  5. Kreativitas: Jangan takut untuk berpikir di luar kotak dan mengadopsi pendekatan kreatif dalam digital marketing. Cari cara baru untuk menarik perhatian audiens dan membedakan merek kita dari yang lain.

 

Belajar digital marketing melalui kursus online gratis dan mendapatkan sertifikasi tentu saja dapat memberikan keuntungan besar dalam mengembangkan karir dalam bidang ini. Dalam hal ini, memanfaatkan sertifikat untuk mencari pekerjaan, mengembangkan portofolio, dan meningkatkan profil profesional kita akan membantu kita bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mulailah belajar digital marketing sekarang juga!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments