BerandaBeritaGoogle Menerbitkan Dokumentasi Baru untuk Fitur Data Redaction GA4

Google Menerbitkan Dokumentasi Baru untuk Fitur Data Redaction GA4

Google baru-baru ini merilis dokumentasi baru untuk fitur Data Redaction dalam Google Analytics 4 (GA4) yang bertujuan untuk mencegah pengiriman informasi yang dapat mengidentifikasi individu secara tidak sengaja kepada Google. Fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna GA4 untuk lebih mudah mematuhi peraturan privasi serta kebijakan internal Google.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan mengenai fitur ini adalah bahwa fitur Data Redaction ini akan secara otomatis diaktifkan untuk properti baru yang ditambahkan ke GA4. Namun, properti yang sudah ada harus mengaktifkannya secara manual.

Kebijakan GA4 oleh Google mengharuskan penggunaannya untuk tidak mengirimkan data yang dapat mengidentifikasi individu (PII) melalui GA4.

Contoh PII meliputi :

  • Email
  • Nomor ponsel pribadi
  • Nomor asuransi sosial,
  • Data lainnya yang dapat mengidentifikasi individu.

Salah satu cara PII dapat dikirimkan secara tidak sengaja kepada Google adalah melalui URL yang mengandung informasi PII. Untuk mengatasi hal ini, fitur Data Redaction dalam GA4 adalah pengaturan yang secara otomatis diaktifkan untuk properti baru yang ditambahkan ke GA4.

Sementara itu, untuk properti yang sudah ada, pengguna harus mengonfigurasi fitur Data Redaction ini dalam pengaturan aliran data web.

Fitur Data Redaction GA4 menganalisis peristiwa sebelum mengirimkannya ke Google dan menghapus semua informasi PII yang mungkin terkandung dalam data tersebut.

Dalam dokumen baru yang diterbitkan menyebutkan :

“Fitur data-redaction membantu mencegah pengumpulan tidak sengaja PII dalam bentuk alamat email dan parameter kueri URL. Data redaction menggunakan pola teks untuk mengidentifikasi kemungkinan alamat email di semua parameter peristiwa dan parameter kueri URL yang termasuk dalam parameter peristiwa seperti page_location, page_referrer, page_path, link_url, video_url, dan form_destination.”

Namun, penting untuk diingat bahwa dokumentasi Google menyarankan pengguna tidak boleh menganggap tanggung jawab mereka untuk menghapus PII telah selesai dengan menggunakan fitur ini. Pengguna GA4 masih harus memastikan bahwa tidak ada PII yang dikirimkan ke Google melalui cara lain yang mungkin tidak dapat diidentifikasi dan dihapus oleh fitur Data Redaction.

BACA JUGA  3 Fitur Baru Whatsapp, Bisa Silent Panggilan Penagih Hutang Pinjol

Dokumentasi baru ini juga menekankan :

“Penting untuk diingat bahwa meskipun data redaction menyediakan alat yang kuat untuk mencegah pengumpulan tidak sengaja PII, tanggung jawab utama dalam memenuhi persyaratan peraturan tetap berada pada entitas yang mengumpulkan data. Untuk membantu memenuhi tanggung jawab tersebut, fitur ini memungkinkan Anda menguji konfigurasi Anda untuk memahami apakah pola teks yang Anda identifikasi telah dihapus seperti yang diharapkan.”

Pengguna juga dapat menggunakan Debug View untuk memantau secara real-time bagaimana Analytics mengumpulkan peristiwa dari situs mereka. Dengan begitu, fitur Data Redaction ini menjadi bagian penting dalam GA4 untuk memastikan kepatuhan pengguna terhadap peraturan privasi dan kebijakan Google dalam mengelola data pribadi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Most Popular

Recent Comments